KPUD Indramayu Gandeng FKJI Adakan Media Gathering Dalam Rangka Tajuk Peliputan Pilkada Indramayu 2024

Berita Terkini

KPUD Indramayu Gandeng FKJI Adakan Media Gathering Dalam Rangka Tajuk Peliputan Pilkada Indramayu 2024

KPUD kabupaten indramayu bersama Forum Komunikasi Jurnalis Indramayu (FKJI) mengadakan acara bertajuk Media Gathering, yang di selenggarakan...

Postingan Populer

Kamis, 24 Oktober 2024

KPUD Indramayu Gandeng FKJI Adakan Media Gathering Dalam Rangka Tajuk Peliputan Pilkada Indramayu 2024



KPUD kabupaten indramayu bersama Forum Komunikasi Jurnalis Indramayu (FKJI) mengadakan acara bertajuk Media Gathering, yang di selenggarakan di Montana Boutique Hotel di kuningan Rabu (23/10/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh KPUD Kabupaten Indramayu ini menghadirkan Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunung Jati Cirebon, Dr Abdul Jalil Himawan MSi dan komisioner KPUD Kabupaten Indramayu Munawaroh Mpd.

Ketua Forum Komunikasi Jurnalis Indramayu, Dedy Musashi menjelaskan kegiatan hasil kerja bareng dengan KPUD kabupaten Indramayu ini menghadirkan seratus jurnalis media cetak, media Online, media Radio dan media televisi , serta jajaran ketua, sekretaris dan bendahara organisasi/ komunitas media yang ada di kota mangga.

Dalam paparannya kepada seratus jurnalis dari media cetak, online, dan televisi, Dosen Unswagati Cirebon mengambil tematik bahasan tentang Jurnalis Dalam Pusaran Pilkada 2024. 

Jalil menyoroti masalah peran jurnalis dalam melakukan peliputan pilkada dan sorotan tajam peran jurnalis sebagai tim sukses calon kepala daerah.

Dalam peliputan pilkada menurut Jalil, media tidak melulu harus menerima rilis dari humas KPUD. Media dan jurnalisnya, bisa mengambil angel-angel seperti dana kampanye calon kepala daerah atau isue lain yang dapat diinformasikan ke publik seperti program program yang copy paste dengan daerah daerah lain padahal karakter daerah tersebut berbeda.

Jalil juga menyoroti persoalan adanya jurnalis yang berperan sebagai tim sukses calon kepala daerah. Ia menjelaskan secara aturan. Dewan Pers sangat melarang peran ganda tersebut. Namun, Jalil lebih menekankan agar jurnalis dapat mengikuti aturan yang berlaku.

Sementara. Komisioner KPUD kabupaten Indramayu Munawaroh MPd mengajak seluruh media dan jurnalis di Indramayu untuk menyukseskan gelaran pilkada serentak 2024 melalui karya jurnalistiknya sehingga akan berdampak pada peran serta masyarakat secara aktif dalam pilkada.

Dalam kegiatan ini juga digelar ketangkasan archery battle, yakni sebuah permainan ketangkasan oleh dua kubu dari masing masing organisasi dan komunitas media yang ada di kabupaten Indramayu (Wira Hadiyono)

0 comments:

Posting Komentar