Kades Lubuk Bendahara Rencana Buat Bak Air Antissipasi Kebakaran di Musim Kemarau

Berita Terkini

Polresta Cirebon Bagikan Ribuan Paket Makanan Sehat Gratis Kepada Santri

Polresta Cirebon membagikan ribuan paket makanan sehat gratis kepada para santri untuk memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2024, Selasa ...

Postingan Populer

Selasa, 05 Desember 2023

Kades Lubuk Bendahara Rencana Buat Bak Air Antissipasi Kebakaran di Musim Kemarau


Rokan Hulu - Desa Lubuk Bendahara salah satu desa yang ada di kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu (RoHul),dipimpin oleh sosok kepala desa , Rinaldi .Yang dikenal sangat dekat dengan masyarakatnya,terbukti dengan kepekaan, selalu respon setiap permasalahan didesanya sehingga timbullah 
Ide cemerlang dari sosok kepala desa.


Hal ini ,'diutarakannya terutama dalam mencegah kebakaran lahan,sebelum hadirnya pemadam kebakaran (Damkar ) mengingat medannya di daerah lahan desa lubuk bendahara yang berbukit, sangat sulit jangkauan mobil Damkar ke tempat lahan yang terbakar.

Untuk tahun depan, rencana akan buat Bak petak tempat air, ukuran sesuai yang dibutuhkan juga dilengkapi mesin air dan selang di areal tempat rawan kebakaran ketika musim kemarau, ujar Rinaldi (5 /12/2023) 

Hampir setiap tahun, fenomena kebakaran hutan ,terjadi di Indonesia. Kebakaran hutan dan lahan menyebabkan kerugian bagi banyak pihak, selain mengganggu perputaran ekonomi, dampak yang paling buruk dari kebakaran hutan yakni menimbulkan masalah kesehatan, seperti sesak nafas .

Kebakaran hutan harus dicegah sedini mungkin agar tidak semaikin meluas. sangat diperlukan upaya pencegahan. Berikut tips bagaimana menghindari kebakaran hutan:
Hindari membakar di area Hutan

Bagi masyarakat yang tinggal disekitar hutan yang mempunyai tanaman atau pun berkebun sawit ,ada baiknya untuk menghindari membakar rumput atau apapun yang dapat berpotensi api menjadi besar. baiknya saat membakar, ditunggu hingga api sampai padam.,"terang kades pada awak media ini.


Mencegah kebakaran bisa dengan mendeteksi dari mulai kecil, mau pun sudah membesar sehingga , api langsung dipadamkan. Langkahnya sebagai berikut,dengan tersedianya bak -Bak air yang dilengkapi mesin air dan selang khusus sesuai yang dibutuhkan dilahan kebun yang rawan terbakar ,ujar ,kades Rinaldi .

Lanjutnya, ' pembuatan bak tempat air di lahan sesuai kapasitas kebutuhan akan dimulai tahun 2024 semuanya akan terlaksana dengan kesepakatan dengan masyarakat desa, terutama yang mempunyai lahan kebun sawit, 'imbuhnya. akhiri.

(Arman)

0 comments:

Posting Komentar